Sumber Belajar Berdasar Pengembangannya

Pengertian dari sumber belajar adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung, sebagian atau secara keseluruhan. Sumber belajar dalam artian sempit untuk pembelajaran yaitu berupa buku atau bahan cetak lain. Pengertian sumber belajar yang lebih luas berupa pengembangan-pengembangannya misalnya slide, video, film, dan lain sebagainya, bahkan lebih luas lagi sumber belajar dapat berasal dari pengalaman.

Dalam bukunya, Nana Sudjana (2007) membagi pengembangan sumber belajar dalam 2 macam:

  1. Sumber belajar yang secara sengaja dibuat atau dirancang atau dipergunakan untuk membantu belajar mengajar, biasa disebut learning resources by design (sumber belajar yang dirancang), misalnya buku, brosur, ensiklopedi, film, video, tape, slides, film strips, OHP. Semua perangkat keras ini sengaja dirancang guna kepentingan kegiatan pengajaran.
  2. Sumber belajar yang dimanfaatkan guna memberi kemudahan kepada seseorang dalam belajar yang berupa segala macam sumber belajar yang ada disekeliling kita. Sumber belajar tersebut tidak dirancang untuk kepentingan tujuan suatu kegiatan pengajaran. Sumber belajar ini disebut learning resources by utilization.  Misalnya pasar, toko, museum, tokoh masyarakat, dan sebagainya yang ada di lingkungan sekitar seperti taman, gedung lembaga negara, dan lain-lain.

Segenap sumber belajar yang dirancang maupun tidak dirancang diklasifikasikan sebagai orang, peralatan, teknik atau metode, dan kondisi atau lingkungan. Dalam praktiknya segala macam sumber belajar baik yang dirancang maupun dimanfaatkan tidak selalu harus dibedakan karena sangat sulit untuk diidentifikasi secara tegas.

 

Sumber:

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Satu Tanggapan to “Sumber Belajar Berdasar Pengembangannya”

  1. Fendi haris Says:

    Yang paling penting dalam metode pembelajaran adalah hal yang tepat dan sangat menghibur terhadap siswa..😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: