Fungsi dan Prinsip Bimbingan Konseling (BK)

Tujuan saya menulis tentang Bimbingan dan Konseling (BK) adalah agar dapat diterapkan pada anak didik dalam bidang pendidikan tentunya karena BK sangat berkaitan erat dengan pendidikan.

FUNGSI BIMBINGAN KONSELING

  1. Pemahaman; fungsi bimbingan dan konseling yang menghasilkan pemahaman pihak-pihak tertentu untuk pengembangan dan pemacahan masalah peserta didik meliputi pemahaman diri dan dan lingkungan peserta didik.
  2. Pencegahan; fungsi bimbingan dan konseling yang menghasilkan tercegahnya atau terhindarnya peserta didik dari berbagai permasalahan yang timbul dan menghambat proses perkembangannya.
  3. Pengentasan; fungsi bimbingan dan konseling yang menghasilkan terentaskannya atau teratasinya berbagai permasalahan yang dialami peserta didik.
  4. Pemeliharaan dan pengembangan; fungsi bimbingan dan konseling yang menghasilkan terpelihara dan terkembangkannya berbagai potensi dan kondisi positif peserta didik dalam rangka perkembangan dirinya secara mantap dan berkelanjutan

PRINSIP BIMBINGAN KONSELING

Prinsip – Prinsip Umum

  1. Bimbingan berhubungan dengan sikap dan tingkah laku individu yang terbentuk dari kepribadian yang berbagai macam
  2. Pemberian bimbingan yang tepat dan sesuai pada individu yang bersangkutan
  3. Berpusat pada indivudu yang dibimbing
  4. Masalah yang tak dapat diselesaikan di sekolah, diserahkan kepada yang berwenang
  5. Identifikasi kebutuhan
  6. Fleksibel
  7. Bimbingan dipimpin oleh ahli dalam bimbingan dan bekerjasama dengan pembantunya serta mengunakan narasumber
  8. Evaluasi rutin terhadap program bimbingan

Prinsip – Prinsip Khusus

  1. Prinsip yang berkenaan dengan sasaran layanan; (1) non diskriminasi, (2) individu dinamis dan unik (3) tahap & aspek perkembangan individu, (4) perbedaan individual.
  2. Prinsip berkenaan dengan permasalahan individu; (1) kondisi mental individu terhadap lingkungan sosialnya, (2) kesenjangan sosial, ekonomi, dan budaya.
  3. Prinsip berkenaan dengan program layanan; (1) bagian integral pendidikan, (2) fleksibel & adaptif (3) berkelanjutan (4) penilaian teratur & terarah
  4. Prinsip berkenaan dengan tujuan dan pelaksanaan pelayanan; (1) pengembangan individu agar mandiri (2) keputusan sukarela (3) ditangani oleh profesional & kompeten, (4) kerjasama antar pihak terkait, (5) pemanfaatan maksimal dari hasil penilaian/pengukuran
About these ads

6 Tanggapan to “Fungsi dan Prinsip Bimbingan Konseling (BK)”

  1. si chavy Says:

    mksh ya ,udah mbntu kulo

  2. Kurnia Septa Says:

    terima kasih bung :)

  3. Kang Yudiono Says:

    Thanks informasinya. Salam ngeblog…

  4. wannefjambak Says:

    KALAU ADA REKAN-REKAN GURU BIMBINGAN KONSELING ATAU MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING DIMANAPUN BERADA YANG INGIN MEMPEROLEH PERANGKAT BIMBINGAN KONSELING UNTUK SMP YAKNI 1. PROGRAM BK SATU TAHUN, 2. SATUAN LAYANAN (SATLAN) SATU TAHUN DAN 3. SATUAN PENDUKUNG ( SATKUNG) LENGKAP ( SEKITAR 60 HALAMAN FOLIO) DAPAT MENGHUBUNGI SAYA. BISA UNTUK KELENGKAPAN SERTIFIKASI.SAYA HANYA MINTA Rp.20.000 SAJA SEBAGAI UANG “SILATURRAHMI’ SEGERA KIRIMKAN “UANG SILATURRAHMI-NYA’ SEKARANG JUGA, DAN SEMUA PERANGKAT BK AKAN SAMPAI KE ALAMAT E-MAIL BAPAK DAN IBU MASING-MASING.

    ALAMAT BANK SAYA (PENGELOLA);
    NAMA : DRS. W A N N E F
    BANK BRI SIBOLGA UNIT BARUS
    REKENING NO. 5368-01-001232-53-2

    DIHARAPKAN MEMBERI KABAR DULU MELALUI SMS KE HP. NO. 0813 6239 8884 BAHWA UANG “SILATURRAHMI” SUDAH DIKIRIM, DAN SETELAH DIPASTIKAN UANGNYA MASUK KEREKENING PENGELOLA, MAKA SEMUA PERANGKAT BK SEGERA AKAN DIKIRIM SECEPATNYA KE ALAMAT E-MAIL BAPAK DAN IBU SEKALIAN. JANGAN LUPA SMS-KAN JUGA ALAMAT E-MAIL BAPAK DAN IBU JUGa. JASA PENGIRIMAN MELALUI E-MAIL LEBIH CEPAT DAN PRAKTIS, DAN BAPAK SERTA IBU TINGGAL MENGEDIT SESUI SEKOLAHNYA MASING-MASING. SAYA TUNGGU. KALAU ADA YANG GAMPANG, MENGAPA HARUS MEMPERSULIT DIRI, SELAMAT MEMAJUKAN BK DITEMPAT TUGASNYA MASING-MASING. SALAM KOPASTA.- Wannef Djambak.

  5. arein Says:

    thnx yaw taZ bLog ny, so w tgl Copy~paste aZ bwat tgs kul w hehe


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: